اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ . خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ . اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ . الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ . عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ


10 Jul 2011

PAKU ANDAM

Bagi yang ngaku sebagai kaligrafer, tentunya pasti sering ngeliat dan megang Pena Kaligrafi atau yang sering kita sebut dengan “Andam”. Tahukah kalian, apa sih andam itu???
Andam merupakan jenis Pteridophyta (paku-pakuan) besar yang biasa tumbuh pada tebing-tebing di tepi jalan di pegunungan. Andam biasa di sebut juga paku resam/paku rasam/paku reusam/paku rotan. Nama latin spesies ini adalah Dicranopteris linearis.
Andam banyak tumbuh di tempat-tempat teduh, lembab, dan subur di daerah tropis dan subtropis. Di Indonesia, Andam sering dijumpai di tebing-tebing di sekitar Sumatera dan Kalimantan dengan ketinggian hingga 2.800 mdpl. Tingginya dapat mencapai 3 – 10 kaki. Ada pula Andam yang tumbuh subur dan lebat di hutan-hutan Hawaii.
Paku-pakuan ini tumbuh melilit dan bercabang seperti garpu. Akar rimpangnya tumbuh di dekat permukaan tanah dan keluar batang keras yang tumbuh keatas. Tumbuhan ini mudah dikenal karena peletakan daunnya yang menyirip berjajar dua dan tangkainya bercabang mendua (dikotom). Pada permukaan bawah daunnya terdapat stomata atau bintil-bintil yang berfungsi sebagai alat pernapasan.
Andam ternyata masuk dalam jenis gulma (tanaman pengganggu), karena kehadirannya di beberapa tempat sering mendominasi permukaan tanah sehingga tumbuhan lain yang berada di dekatnya menjadi terhambat pertumbuhannya.
Tahukah kalian manfaat andam selain untuk pena kaligrafi kita??. Andam yang dianggap sebagai tanaman liar dan pengganggu di habitatnya ini ternyata bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku kerajinan anyaman yang bernilai jual. Hal ini karena andam mengandung zat tanduk, anti rayap, dan tahan terhadap udara lembab yang mampu melebihi kekuatan rotan. Selain itu, khasiat tanaman ini bisa digunakan untuk pemecah bisul, infeksi saluran kencing, obat batuk dan obat luka memar. Waww... Luar biasa kan!!
ini ni klasifikasinya.......
Paku Andam
Starr 020803-0027 Dicranopteris linearis.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Pteridopsida
Ordo: Gleicheniales
Famili: Gleicheniaceae
Genus: Dicranopteris
Nama binomial
Dicranopteris linearis
(Burm. f.) Underw.
Sinonim
Gleichenia linearis (Burm. f.) S.W. Clarke

2 comments:

Wahh Subhanallah ya Indonesia banyak sumber alam yang sangat bermanfaat :) sukses ya buat KAFI

mantab gan,
.
.
salam semangat
http://www.kabartebo.top/2015/06/memilih-obat-semprot-kebun-karet-yang.html

Posting Komentar